Saturday 4 January 2014

Tutorial Mengatasi Computer Selalu CHKDSK Saat Start UP

Tadinya ku pikir ada beberapa permasalahan yang lagi terjadi antara lainnya:
  1. Ada bad sector di salah satu drive. Tadinya ku pikir ini sebabnya, sebabnya di salah satu hardisk ku emang ada bad sector. Tp kok setelah scan dan di-recover, tampilan menyebalkan itu masih muncul tiap kali start-up ? Berarti bukan ini masalahnya.
  2. Ada setting Power Management Windows yang error. Artikelnya bisa dilihat di sini. Tapi kok setelah ku oprek-oprek registry masih muncul jg ya ? Ini juga bukan biang keladinya.

SETELAH DICARI-CARA AKHIRNYA DAPAT PENYELESAIANNYA
  1. Pertama,Biarkan proses CHKDSK tersebut berjalan sampai selesai.
  2. Setelah masuk windows, Buka CMD "Command Prompt" Lewat Start -> Run "Tekan Tombol Windows + R". Tulis “cmd” dan tekan OK.
  3. Di CMD Ketik “fsutil dirty query”, Terus tekan Enter. Contoh : Kalau yang error di drive C, tulis : fsutil dirty query C: 
  4. Kalau benar, akan muncul pemberitahuan kalau drive tujuan tadi DIRTY alias kotor.
  5.  Ketik "chkdsk /f". Kalau system file di hardisk tersebut NTFS, pake aja perintah "chkdsk /f /x" ingat jangan pake option /x kalau systemnya bukan NTFS.
  6. Kalau Windows minta CHKDSK harus dijadwalkan ketika Proses Start Up. Pilih YES. Kalau tidak langsung ke langkah 6.
  7. Setelah Proses Scan selesai, Ulangi langkah No. 2. Seharusnya sekarang muncul pesan yang mengatakan kalau Drive yang di Scan tadi sudah tidak kotor lagi alias NOT DIRTY.
  8. Sekarang Coba restart lagi. Kalu Prosesnya Benar. Tampilan DISK CHECK di Start Up tidak akan muncul lagi.
  9. Kalau gagal juga.? Ya... Berarti tanda Hardisk anda sudah mau Pensiun. Back-UP semuda data-data penting ke DVD atau Drive lain. Kemudian Format ulang Hardisk tadi, Dengan catatan, anda sudah tidak membutukan data-data yang ada di dalam hardisk.

 PENGERTIAN
  •  Terus apa itu perintah “fsutil” yg ditulis di command prompt tadi ? Ternyata ini adalah utility untuk melakukan manajemen untuk drive PC, baik yg sistem filenya FAT atau NTFS. Ku juga baru tau kalo ada utility praktis kayak gini di Windows XP (satu lg utility yg disembunyikan Microsoft).
  • Perintah “fsutil dirty query” akan melaporkan status “BERSIH” atau “TIDAK BERSIH” nya suatu drive. Kalau statusnya Dirty, Windows akan melakukan proses scan setiap kali proses startup. Ini biang keladinya masalah. Statusnya kayaknya nggak jadi bersih walaupun di scan berulang kali.
  • Perintah “chkdsk /f” akan memaksa Windows melakukan proses chkdsk, tanpa peduli status drive tujuan dirty atau tidak. Dengan perintah ini, chkdsk juga akan melakukan perbaikan pada error yang ada.
  • Perintah “chkdsk /f /x” cuman bisa dipakai di sistem NTFS. Option /x akan memastikan setiap drive “terkunci” (dismount) sebelum proses chkdsk dilakukan.

UNTUK MEN-DISABLE CHKDSK
Mungkin kamu akan bosan bila setiap kali Windows Startup, selalu muncul layar Scandisk, padahal sudah pernah Anda scan sebelumnya.

Cara menghilangkannya cukup mudah yaitu menggunakan perintah "chkntfs" :
  1. Klik Start > RUN atau "Logo Windows + R" 
  2. Ketik “CMD” > Enter "Klik OK" 
  3. Ketik "chkntfs /x c:" (Untuk Mendisable chkdsk Pada Drive C) 
  4. chkntfs /x c: d: (Untuk Mendisable chkdsk Pada Drive C dan D).

Begitulah Sedikit Tutorial Mengatasi Computer Selalu CHKDSK Saat Start UP. Semoga Bermanfaat..
Sekian Dan Terimakasih..
Terimakasih Atas Kunjungan Anda...

2 comments:

  1. sip dehh..
    terima kasih banyak mas..
    Jadi itu nama nya CHKDSK Toh .. tapi CHKDSK itu singkatan dari apa ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. CHKDSK (singkatan dari Checkdisk) merupakan salah satu perintah di dalam sistem operasi DOS dan Microsoft Windows (keluarga Windows NT) yang mampu melakukan verifikasi integritas sistem berkas yang disimpan di dalam floppy disk atau hard disk.

      Delete